Foto Customer Service dan Pelanggan. Sumber :
blog.sepulsa.id
utariningsih97.blogspot.co.id – Pada artikel ini tim penulis akan menjabarkan peran, tugas, dan wewenang Customer Service dan peran konsumen pada saat pendaftaran pembukaan rekening dana ATM di perbankan.
Peran dari Fungsi Customer Service
Berdasarkan fungsi tersebut diatas fungsi seorang
customer service dapat dijabarkan lebih lanjut dalam kesehariaannya sebagai
karyawan Bank, yang mana fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Front Line Officer
Keberadaan bagian customer service berada di bagian depan suatu bank, maka customer service menjadi cerminan penilaian pelayanan suatu bank.
Keberadaan bagian customer service berada di bagian depan suatu bank, maka customer service menjadi cerminan penilaian pelayanan suatu bank.
2. Liasson Officer
Customer Service adalah satu aparat yang menjadi perantara antara bank dengan nasabah. Orang pertama yang dihubungi oleh nasabah sewaktu ke bank adalah aparat customer service, baik untuk meminta informasi maupun untuk melaksanakan transaksi.
Customer Service adalah satu aparat yang menjadi perantara antara bank dengan nasabah. Orang pertama yang dihubungi oleh nasabah sewaktu ke bank adalah aparat customer service, baik untuk meminta informasi maupun untuk melaksanakan transaksi.
3.Information Centre
Customer Service adalah satu-satunya personil yang dengan mudah dihubungi oleh nasabah pada kesempatan pertama maka aparat customer service menjadi pusat dan nara sumber informasi-informasi mengenai produk dan jasa bank. Oleh karenanya dituntut personil yang mempunyai pengetahuan dan wawasan yang cukup baik mengenai industri perban¬kan.
Customer Service adalah satu-satunya personil yang dengan mudah dihubungi oleh nasabah pada kesempatan pertama maka aparat customer service menjadi pusat dan nara sumber informasi-informasi mengenai produk dan jasa bank. Oleh karenanya dituntut personil yang mempunyai pengetahuan dan wawasan yang cukup baik mengenai industri perban¬kan.
4.Salesman (penjual)
Berfungsi sebagai penjual produk, dengan menjual berbagai produk yang ada pada bank, seperti berbagai jenis tabungan, deposito, kredit serta mengetahui keluhan dan keberatan nasabah.
Berfungsi sebagai penjual produk, dengan menjual berbagai produk yang ada pada bank, seperti berbagai jenis tabungan, deposito, kredit serta mengetahui keluhan dan keberatan nasabah.
5. Servicing (pelayanan)
Sesuai dengan fungsinya customer service, atas nama bank penerima dan menyambut baik kedatangan nasabah selanjutnya akan mengerjakan kebutuhan nasabah sampai seluruh transaksinya dapat diram¬pungkan.
Sesuai dengan fungsinya customer service, atas nama bank penerima dan menyambut baik kedatangan nasabah selanjutnya akan mengerjakan kebutuhan nasabah sampai seluruh transaksinya dapat diram¬pungkan.
6.Advisor/Konsultan
Dalam melayani nasabah tidak jarang pula aparat customer service dengan bekal pengetahuan dan wawasan yang bijak sehubungan dengan perencanaan pengelolaan keuangan nasabah.
Dalam melayani nasabah tidak jarang pula aparat customer service dengan bekal pengetahuan dan wawasan yang bijak sehubungan dengan perencanaan pengelolaan keuangan nasabah.
7. Maintenance Customer (Pembinaan Nasabah)
Permasalahan pembinaan nasabah baru (solisitasi). Aparat customer service adalah account assistant atau pembina bagi setiap account atau rekening nasabah non kredit. Hal ini merupakan perpanjan¬gan dan pengembangan fungsi kedua yaitu Liasson Officer.
Permasalahan pembinaan nasabah baru (solisitasi). Aparat customer service adalah account assistant atau pembina bagi setiap account atau rekening nasabah non kredit. Hal ini merupakan perpanjan¬gan dan pengembangan fungsi kedua yaitu Liasson Officer.
8. Handling Complaint
Unit customer service apabila dalam operasionaln¬ya, nasabah tidak puas, karena terdapat ketidakcocokkan atau kesepakatan, komplain dan lain-lain
sebagainya, maka adalah tepat apabila orang pertama yang dihubungi adalah aparat customer service. Dalam hal ini dituntut tidak saja dapat menangani keluhan akan tetapi juga diharapkan dapat meme¬cahkan masalah dengan baik sebagai “trouble suiter”.
Unit customer service apabila dalam operasionaln¬ya, nasabah tidak puas, karena terdapat ketidakcocokkan atau kesepakatan, komplain dan lain-lain
sebagainya, maka adalah tepat apabila orang pertama yang dihubungi adalah aparat customer service. Dalam hal ini dituntut tidak saja dapat menangani keluhan akan tetapi juga diharapkan dapat meme¬cahkan masalah dengan baik sebagai “trouble suiter”.
Peran Customer Service antara lain :
1. Memberikan pelayanan kepada
nasabah yang berkaitan dengan pembukaan rekening tabungan, giro, pembukaan
deposito, permohonan nasabah yang lainnya. Di samping itu memberikan
informasi sejelas mungkin mengenai berbagai produk dan jasa yang ingin
diketahui dan diminati kepada nasabah atau calon nasabah.
2. Menerima, melayani dan mengatasi permasalahan yang disampaikan
oleh nasabah sehubungan dengan ketidakpuasan nasabah atas pelayanan yang
diberi¬kan oleh pihak nasabah.
3. Mengadministrasikan daftar hitam Bank Indonesia dan
daftar rehabilitasi nasabah serta file nasabah.
4. Mengadministrasikan resi permintaan dan
pengemba¬lian buku cek dan bilyet giro serta surat kuasa. Memberikan
informasi tentang saldo dan mutasi nasabah.
5. Mengadministrasikan buku cek, bilyet giro, dan buku
tabungan.
6. Memperkenalkan dan menawarkan produk dan jasa yang ada
dan yang baru sesuai dengan keinginan dan kebutuhan nasabah.
Wewenang Customer Service. Adapun wewenang
tersebut antara lain :
1. Menyaksikan nasabah mengisi dan menandatangani
formulir, aplikasi, perjanjian-perjanjian.
2. Melakukan penolakan permintaan pembukaan rekening
bilamana tidak memenuhi persyaratan atau prosedur yang telah ditetapkan oleh
Bank.
3. Melakukan verifikasi tanda tangan customer.
4. Melakukan penolakan permintaan buku bilyet giro dan
cek apabila tidak memenuhi persyaratan.
5. Melakukan pentupan rekening bai katas permintaan
nasabah maupun karena sebab lainnya berdasarkan prosedur intern bank
Peran Konsumen untuk membuat rekening tabungan dan
kartu ATM di Customer Service:
1. Menyiapkan
keperluan administratif: KTP / SIM / kartu pelajar / kartu mahasiswa. Untuk
beberapa bank, seperti BCA, Anda harus menambah sertakan NPWP dan KK. Bawa
semua identitas diri yang diperlukan ini, kalau perlu beberapa salinan
kopiannya, untuk menghindari bolak-balik dan memudahkan kelangsungan prosesnya.
2. Persiapkan
uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas
ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih. Lihat ketentuan setoran minimum
di internet, brosur, atau datang langsung ke Customer Service bank tersebut.
3. Setelah
semuanya lengkap, datangilah bank di cabang terdekat yang sesuai dengan
domisili Anda, untuk mempermudah jika di masa mendatang ada keperluan lain
4. Satpam
biasa akan menyambut Anda dan memberikan nomor antrian untuk mengantri di
Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.
5. Ketika
giliran Anda tiba, CS akan memperkenalkan diri, dan disarankan bagi Anda untuk
melakukan hal yang sama, demi kenyamanan prosesnya. Sampaikan kepada CS
bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan perorangan. Karena tujuan Anda
adalah untuk membuat ATM, maka dari itu pilihlah tabungan perorangan yang
tabungannya tidak terikat pada jumlah penyetoran dan waktu penarikan.
6. CS
Bank akan menerangkan produk tabungan yang tersedia di bank tersebut. Dengarkan
dengan seksama. Jangan malu untuk bertanya sedetil apapun. Jangan lupa
untuk tanyakan terutama mengenai titik impas, berapa bunga bank yang dapat
menutup biaya administrasi bulanan agar saldo tabungan Anda tidak terpotong
oleh biaya administrasi tersebut.
7. Jika
semua informasi sudah jelas Anda dapatkan, pilih produk mana yang ingin Anda
buat, maka CS pun akan memberikan tambahan informasi beserta formulir aplikasi
pembukaan rekening. Formulir tersebut akan mendata mengenai identitas diri,
seperti nama, nomor telepon, alamat rumah, pekerjaan, pendapatan per tahun, nama
anggota keluarga, dan lainnya. Di formulir ini, Anda juga diberikan opsi mengenai
fitur yang diinginkan: ATM, internet banking, mobile banking, dan sebagainya.
8. Jika
Anda ingin mengaktifkan internet banking, SMS banking, katakanlah pada CS pada
saat ini juga. Anda dapat mengatakan ini ketika CS sedang mencetak buku
tabungan dan menyiapkan kartu ATM ini. Pin
ATM juga Anda tentukan di saat ini.
GAMBARAN UMUM SISTEM PERBANKAN
1. Pemeriksaan
1. Pemeriksaan
crdpreauchymurtopo.files.woss.com
2.
Registrasi Nasabah
3.bp.blogspot.com
3.
Menunggu Antrian Pelayanan
interactive.co.id
4.
Pelayanan Nasabah
2.bp.blogspot.com
[ea]
Daftar Pustaka
https://pelatihanbank.wordpress.com/2012/12/22/apa-fungsi-tugas-wewenang-customer-service-bank/
https://www.cermati.com/artikel/8-langkah-menabung-di-bank
Project Homework by :
Ega Arminta
Afrizal Najmudin Ali
Utari Mutiara Ningsih
Komentar
Posting Komentar