PERAN ANALISIS CUSTOMER SERVICE DENGAN KONSUMEN DI PERUSAHAAN PERBANKAN

Foto Customer Service dan Pelanggan. Sumber : blog.sepulsa.id


utariningsih97.blogspot.co.id – Pada artikel ini tim penulis akan menjabarkan peran, tugas, dan wewenang Customer Service dan  peran konsumen pada saat pendaftaran pembukaan rekening dana ATM di perbankan.

Peran dari Fungsi Customer Service
Berdasarkan fungsi tersebut diatas fungsi seorang customer service dapat dijabarkan lebih lanjut dalam kesehariaannya sebagai karyawan Bank, yang mana fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut:


1. Front Line Officer
Keberadaan bagian customer service berada di bagian depan suatu bank, maka customer service menjadi cerminan penilaian pelayanan suatu bank.

2. Liasson Officer
Customer Service adalah satu aparat yang menjadi perantara antara bank dengan nasabah. Orang pertama yang dihubungi oleh nasabah sewaktu  ke bank adalah aparat customer service, baik untuk meminta informasi maupun untuk melaksanakan transaksi.


3.Information Centre
Customer Service adalah satu-satunya personil yang dengan mudah dihubungi oleh nasabah pada kesempatan pertama maka aparat customer service menjadi pusat dan nara sumber informasi-informasi mengenai produk dan jasa bank. Oleh karenanya dituntut personil yang mempunyai pengetahuan dan wawasan yang cukup baik mengenai industri perban¬kan.


4.Salesman (penjual)
Berfungsi sebagai penjual produk, dengan menjual berbagai produk yang ada pada bank, seperti berbagai jenis tabungan, deposito, kredit serta mengetahui keluhan dan keberatan nasabah.


5. Servicing (pelayanan)
Sesuai dengan fungsinya customer service, atas nama bank penerima dan menyambut baik kedatangan nasabah selanjutnya akan mengerjakan kebutuhan nasabah sampai seluruh transaksinya dapat diram¬pungkan.


6.Advisor/Konsultan
Dalam melayani nasabah tidak jarang pula aparat customer service dengan bekal pengetahuan dan wawasan yang bijak sehubungan dengan perencanaan pengelolaan keuangan nasabah.


7. Maintenance Customer (Pembinaan Nasabah)
Permasalahan pembinaan nasabah baru (solisitasi). Aparat customer service adalah account assistant atau pembina bagi setiap account atau rekening nasabah non kredit. Hal ini merupakan perpanjan¬gan dan pengembangan fungsi kedua yaitu Liasson Officer.


8. Handling Complaint
Unit customer service apabila dalam operasionaln¬ya, nasabah tidak puas, karena terdapat ketidakcocokkan atau kesepakatan, komplain dan lain-lain
sebagainya, maka adalah tepat apabila orang pertama yang dihubungi adalah aparat customer service. Dalam hal ini dituntut tidak saja dapat menangani keluhan akan tetapi juga diharapkan dapat meme¬cahkan masalah dengan baik sebagai “trouble suiter”.

Peran Customer Service antara lain :
1. Memberikan pelayanan kepada nasabah yang berkaitan dengan pembukaan rekening tabungan, giro, pembukaan deposito, permohonan nasabah yang lainnya. Di samping itu memberikan informasi sejelas mungkin mengenai berbagai produk dan jasa yang ingin diketahui dan diminati kepada nasabah atau calon nasabah.
2. Menerima, melayani dan mengatasi permasalahan yang disampaikan oleh nasabah sehubungan dengan ketidakpuasan nasabah atas pelayanan yang diberi¬kan oleh pihak nasabah.
3. Mengadministrasikan daftar hitam Bank Indonesia dan daftar rehabilitasi nasabah serta file nasabah.
4. Mengadministrasikan resi permintaan dan pengemba¬lian buku cek dan bilyet giro serta surat kuasa.  Memberikan informasi tentang saldo dan mutasi nasabah.
5. Mengadministrasikan buku cek, bilyet giro, dan buku tabungan.
6. Memperkenalkan dan menawarkan produk dan jasa yang ada dan yang baru sesuai dengan keinginan dan kebutuhan nasabah.



 Wewenang Customer Service. Adapun wewenang tersebut antara lain :
 1. Menyaksikan nasabah mengisi dan menandatangani formulir, aplikasi, perjanjian-perjanjian.
2. Melakukan penolakan permintaan pembukaan rekening bilamana tidak memenuhi persyaratan atau prosedur yang telah ditetapkan oleh Bank.
3. Melakukan verifikasi tanda tangan customer.
4. Melakukan penolakan permintaan buku bilyet giro dan cek apabila tidak memenuhi persyaratan.
5. Melakukan pentupan rekening bai katas permintaan nasabah maupun karena sebab lainnya berdasarkan prosedur intern bank


Peran Konsumen untuk membuat rekening tabungan dan kartu ATM di Customer Service:

1.      Menyiapkan keperluan administratif: KTP / SIM / kartu pelajar / kartu mahasiswa. Untuk beberapa bank, seperti BCA, Anda harus menambah sertakan NPWP dan KK. Bawa semua identitas diri yang diperlukan ini, kalau perlu beberapa salinan kopiannya, untuk menghindari bolak-balik dan memudahkan kelangsungan prosesnya.
2.     Persiapkan uang tunai untuk setoran awal di tabungan baru Anda, sesuaikan dengan batas ketentuan minimum saldo di bank yang Anda pilih. Lihat ketentuan setoran minimum di internet, brosur, atau datang langsung ke Customer Service bank tersebut.
3.     Setelah semuanya lengkap, datangilah bank di cabang terdekat yang sesuai dengan   domisili Anda, untuk mempermudah jika di masa mendatang ada keperluan lain
4.     Satpam biasa akan menyambut Anda dan memberikan nomor antrian untuk mengantri di Customer Service (CS). Tunggu sampai Anda dipanggil.
5.     Ketika giliran Anda tiba, CS akan memperkenalkan diri, dan disarankan bagi Anda untuk melakukan hal yang sama, demi kenyamanan prosesnya. Sampaikan kepada CS bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan perorangan. Karena tujuan Anda adalah untuk membuat ATM, maka dari itu pilihlah tabungan perorangan yang tabungannya tidak terikat pada jumlah penyetoran dan waktu penarikan.
6.     CS Bank akan menerangkan produk tabungan yang tersedia di bank tersebut. Dengarkan dengan seksama. Jangan malu untuk bertanya sedetil apapun. Jangan lupa untuk tanyakan terutama mengenai titik impas, berapa bunga bank yang dapat menutup biaya administrasi bulanan agar saldo tabungan Anda tidak terpotong oleh biaya administrasi tersebut.
7.     Jika semua informasi sudah jelas Anda dapatkan, pilih produk mana yang ingin Anda buat, maka CS pun akan memberikan tambahan informasi beserta formulir aplikasi pembukaan rekening. Formulir tersebut akan mendata mengenai identitas diri, seperti nama, nomor telepon, alamat rumah, pekerjaan, pendapatan per tahun, nama anggota keluarga, dan lainnya. Di formulir ini, Anda juga diberikan opsi mengenai fitur yang diinginkan: ATM, internet banking, mobile banking, dan sebagainya.
8.     Jika Anda ingin mengaktifkan internet banking, SMS banking, katakanlah pada CS pada saat ini juga. Anda dapat mengatakan ini ketika CS sedang mencetak buku tabungan dan menyiapkan kartu ATM ini. Pin ATM juga Anda tentukan di saat ini.            
             

         GAMBARAN UMUM SISTEM PERBANKAN
         
             1. Pemeriksaan



             

crdpreauchymurtopo.files.woss.com
  
              2.  Registrasi Nasabah


                                      
3.bp.blogspot.com



              3. Menunggu Antrian Pelayanan

  


interactive.co.id

           
              4. Pelayanan Nasabah




2.bp.blogspot.com


     
                [ea]
       
                Daftar Pustaka
       
     https://pelatihanbank.wordpress.com/2012/12/22/apa-fungsi-tugas-wewenang-customer-service-bank/
   
     https://www.cermati.com/artikel/8-langkah-menabung-di-bank



Project Homework by :

Ega Arminta

Afrizal Najmudin Ali

Utari Mutiara Ningsih

Komentar