SISTEM INFORMASI



GAMBARAN SISTEM INFORMASI


                                           
                                Gambaran Sistem Informasi. Sumber : KajianPustaka.com



1               PENGANTAR         
1.1               Tujuan              
1.2               Cakupan              
1.3               Latar Belakang              
1.4               Referensi              
1.5               Asumsi dan Kendala              
1.6               Gambaran Dokumen              
2               METODOLOGI              
3               PERSYARATAN FUNGSIONAL              


1         PENGANTAR
·       Gambaran umum dari system mandiri banking yang menghubungkan perbankan dengan konsumen  dimulai dengan adanya sebuah produk atau inovasi terbaru denan membuat sebuah platform mandiri banking  yang dimana platform tersebut selain memudahkan nasabah dalam bertransaksi juga memberikan kenyamanan nasabah dengan tidak perlu ke bank dengan hanya menggunakan sebuah platform bank Mandiri.
1.1           Tujuan
·       Menciptakan nilai tambah (added value) dengan adanya  kemudahan dan efisiensi dalam bertransaksi  baik berupa transaksi online maupun transaksi konvensional.
·       Membuat Lapangan kerja baru bagi para pencari kerja
·       menjadikan Platform tersebut sebagai keunggulan dari  Perbankan sebagai keunggulan dalam promosi
·       Menciptakan rasa aman dan nyaman bagi nasabah dalam bertransaksi
1.2            Cakupan
  • Menciptakan  kemudahan bertransfer baik pembayaran LAT  ataupun transfer ke rekening lain baik satu bank maupun antar bank
1.3           Latar Belakang
  • Bank Mandiri adalah salah satu perbankan terkemuka di Indonesia yang dimana Produk usahanya adalah berupa tabungan, deposito, B/G, asuransi, kredit, dll. perusahaan tersebut berdiri pad tanggal 2 oktober  1998 yang dimana Bank tersebut merupakan gabungan dari berberapa bank di Indonesia.
1.4           Referensi
  •  Perusahaan dapat mengambil refrensi dari  jumlah transaksi yang beredar dari aplikasi terbut
  • perusahaan dapat melihat  testimonial dari para reviewer atau para user tersebut dari platform os saat ini yaitu dari playstore dan  appstore
  • perusahaan dapat  melihat refrensi dari reaksi secara langsung atau masyarakat yang menggunggah  kepuasan aplikasi tersebut di media social, blog, atau media cetak
1.5           Asumsi dan Kendala
·       ASUMSI
§  Platform Mandiri banking terdapat fitur yang cukup lengkap seperti pembayaran pulsa, dan LAT
§  Platform Mandiri banking juga terdapat mandiri yang biasa digunakan sebagai tempat transaksi seperti saham dan valas
§  platform Mandiri banking juga menyediakan fitur untuk penggunaan E-money yang digunakan untuk pembayaran seperti tol
§  Management Information Systems (MIS)  menyediakan  laporan  informasi  bagi pihak  manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun dari operasi bisnis. MIS menyajikan  informasi yang detail dan rangkuman informasi pilihan. MIS berguna untuk efisiensi operasional
§  (Decision Support Systems)DSS adalah sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya untuk mendukung pihak manajemen untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.

§  (Executive Information Systems)menyediakan dengan akses yang mudah dan cepat, tentang informasi selektif faktor-faktor kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif. Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau kebijakan yang diperuntukan pada level di bawah, yang kemudian akan di terjemahkan lebih spesifik oleh level di bawahnya dalam sistem informasi.
§  menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh nasabah
·       KENDALA
§   Maraknya competitor yang juga menggunakan aplikasi banking
§  rawan adanya pihak yang tak bertanggung jawab baik internal maupun eksternal
§  gangguan jaringan
§  rawan dalam keamanan data nasabah
§  Sistem  yang masih rawan akan serangan  virus seperti phising dan malware .
§  Perilaku (behavior) dari User/ Konsumen itu sendiri seperti pembatalan transaksi ketika sedang proses transaksi



1.6           Gambaran Dokumen

  •  SYSTEM CUSTOMER : memberikan secara spesifik kebutuhan dan membaca pa yang konsumen butuhkan  terutama kapada kebutuhan yang lebih spesifik
  • MANAGERS                   :  menggunakan dokumen kebutuhan untuk merencanakan pendanaan  pada system dan pada  proses perawatan system
  • SYSTEM ENGINEERING :  menggunakan permintaan untuk mengetahui apa yang ingin dikembangkan
  • SYSTEM TEST ENGINEERING : menggunakan kebutuhan untuk mengembangkan uji validasi  pada system
  • SYSTEM MAINTANCE ENGINEERING : menggunakan kebuthan untuk membantu  memahami system  dan hubungan  antar per bagian
2            METHODOLOGY
·       Dalam metodologi kami perbankan akan melakukan pendekatan Traditional techniques adalah Teknik dalam yang dimana pendekatan dengan melakukan  berbagai cara pengumpulan data. Cara-cara ini termasuk kuesioner, survey, wawancara, serta analisis dari berbagai dokumentasi yang ada seperti struktur organisasi, petunjuk pelaksanaan (juklak) serta manual-manual dari sistem yang sudah ada
3            PERSYARATAN FUNGSIONAL
1)     Sistem dapat memberikan informasi kepada  sesuai data yang sebenarnya (real time)
2)     Proses memberikan informasi dengan adanya notifikasi baik dari system ataupun email dari user itu sendiri.
3)     Proses memberikan informasi biaya yang dikenakan seperti transfer dan administrasi  apakah sukses dalam melakukan transaksi atau tidak
4)     Proses login dan logout
5)     Proses pemberian feedback kepada perbankan melalui  aplikasi banking
Daftar Pustaka
http://supeeerblog.blogspot.co.id/2013/04/requirment-document-dokumen-kebutuhan.html

Project Homework by :

EGA ARMINTA                                 
AFRIZAL NAJMUDIN ALI               
 UTARI MUTIARA NINGSIH

Komentar