1.1
Tujuan
1.2
Cakupan
1.3
Latar Belakang
1.4
Referensi
1.5
Asumsi dan Kendala
1.6
Gambaran Dokumen
2
METODOLOGI
3
PERSYARATAN FUNGSIONAL
· Gambaran umum dari system mandiri banking yang menghubungkan
perbankan dengan konsumen dimulai dengan adanya sebuah produk atau
inovasi terbaru denan membuat sebuah platform mandiri banking yang dimana
platform tersebut selain memudahkan nasabah dalam bertransaksi juga memberikan
kenyamanan nasabah dengan tidak perlu ke bank dengan hanya menggunakan sebuah
platform bank Mandiri.
·
Menciptakan nilai tambah (added value) dengan adanya kemudahan
dan efisiensi dalam bertransaksi baik berupa transaksi online maupun
transaksi konvensional.
· Membuat Lapangan kerja baru bagi para pencari kerja
· menjadikan Platform tersebut sebagai keunggulan dari
Perbankan sebagai keunggulan dalam promosi
· Menciptakan rasa aman dan nyaman bagi nasabah dalam
bertransaksi
- Menciptakan kemudahan bertransfer baik pembayaran LAT ataupun transfer ke rekening lain baik satu bank maupun antar bank
- Bank Mandiri adalah salah satu perbankan terkemuka di Indonesia yang dimana Produk usahanya adalah berupa tabungan, deposito, B/G, asuransi, kredit, dll. perusahaan tersebut berdiri pad tanggal 2 oktober 1998 yang dimana Bank tersebut merupakan gabungan dari berberapa bank di Indonesia.
- Perusahaan dapat mengambil refrensi dari jumlah transaksi yang beredar dari aplikasi terbut
- perusahaan dapat melihat testimonial dari para reviewer atau para user tersebut dari platform os saat ini yaitu dari playstore dan appstore
- perusahaan dapat melihat refrensi dari reaksi secara langsung atau masyarakat yang menggunggah kepuasan aplikasi tersebut di media social, blog, atau media cetak
· ASUMSI
§ Platform Mandiri banking terdapat fitur yang cukup lengkap
seperti pembayaran pulsa, dan LAT
§ Platform Mandiri banking juga terdapat mandiri yang biasa
digunakan sebagai tempat transaksi seperti saham dan valas
§ platform Mandiri banking juga menyediakan fitur untuk
penggunaan E-money yang digunakan untuk pembayaran seperti tol
§ Management
Information Systems (MIS) menyediakan laporan informasi
bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun dari
operasi bisnis. MIS menyajikan informasi yang detail dan rangkuman
informasi pilihan. MIS berguna untuk efisiensi operasional
§ (Decision Support Systems)DSS adalah sistem
informasi yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk membantu
proses pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya untuk mendukung pihak
manajemen untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.
§ (Executive Information Systems)menyediakan
dengan akses yang mudah dan cepat, tentang informasi selektif faktor-faktor
kunci dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif.
Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau kebijakan yang
diperuntukan pada level di bawah, yang kemudian akan di terjemahkan lebih
spesifik oleh level di bawahnya dalam sistem informasi.
§ menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh nasabah
· KENDALA
§ Maraknya competitor yang juga menggunakan aplikasi
banking
§ rawan adanya pihak yang tak bertanggung jawab baik internal
maupun eksternal
§ gangguan jaringan
§ rawan dalam keamanan data nasabah
§ Sistem yang masih rawan akan serangan virus
seperti phising dan malware .
§ Perilaku (behavior) dari User/ Konsumen itu sendiri seperti
pembatalan transaksi ketika sedang proses transaksi
- SYSTEM CUSTOMER : memberikan secara spesifik kebutuhan dan membaca pa yang konsumen butuhkan terutama kapada kebutuhan yang lebih spesifik
- MANAGERS : menggunakan dokumen kebutuhan untuk merencanakan pendanaan pada system dan pada proses perawatan system
- SYSTEM ENGINEERING : menggunakan permintaan untuk mengetahui apa yang ingin dikembangkan
- SYSTEM TEST ENGINEERING : menggunakan kebutuhan untuk mengembangkan uji validasi pada system
- SYSTEM MAINTANCE ENGINEERING : menggunakan kebuthan untuk membantu memahami system dan hubungan antar per bagian
· Dalam metodologi kami perbankan akan melakukan pendekatan Traditional
techniques adalah Teknik dalam yang dimana
pendekatan dengan melakukan berbagai cara pengumpulan data. Cara-cara ini
termasuk kuesioner, survey, wawancara, serta analisis dari berbagai dokumentasi
yang ada seperti struktur organisasi, petunjuk pelaksanaan (juklak)
serta manual-manual dari sistem yang sudah ada
1)
Sistem dapat
memberikan informasi kepada sesuai data yang sebenarnya (real
time)
2)
Proses
memberikan informasi dengan adanya notifikasi baik dari
system ataupun email dari user itu sendiri.
3)
Proses
memberikan informasi biaya yang dikenakan seperti transfer dan administrasi apakah sukses dalam
melakukan transaksi atau tidak
4)
Proses login dan logout
5)
Proses
pemberian feedback kepada perbankan melalui
aplikasi banking
Daftar
Pustaka
http://supeeerblog.blogspot.co.id/2013/04/requirment-document-dokumen-kebutuhan.html
Project Homework by :
EGA
ARMINTA
AFRIZAL NAJMUDIN
ALI
UTARI MUTIARA NINGSIH
Komentar
Posting Komentar